SOAL PENILAIAN
HARIAN

Nama
|
:
|
|
Kelas
|
: 6
|
( Enam )
|
Sekolah:
|
|
|
Tema
|
: 2
|
– Persatuan Dalam Perbedaan
|
Subtema
|
: 1
|
– Rukun Dalam Perbedaan
|
Tema 2
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A,
B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1.
Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dikumandangkan
pada tanggal ....
a. 8 Oktober 1928 b.
28 Oktober 1945 c.
17 Agustus 1945 d. 20 Nopember
1945
2.
Penyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah
....
a.
Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Moh Roem
b.
Ir. Soekarno, Sayuti Melik dan Drs. Moh. Hatta
c.
Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara dan Sukarni
d.
Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo
3.
Teks proklamasi dibacakan di jalan ....
a.
Merdeka Selatan No. 45
b.
Pegangsaan Timur No. 56
c. Panglima Soedirman No. 46
d. Ahmad Yani No. 27
4.
Dua kota di Jepang yang di bom atom oleh sekutu pada
tanggal 6 Agustus 1945 adalah kota ....
a. Tokyo
dan Hisorhima b. Hisroshima dan
Nagasaki c. Tokyo dan Kyoto d. Nagasaki
dan Kyoto
5.
Pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno disambut
rakyat dengan ....
a. Gelisah
dan khawatir b. Gembira dan sukacita c. Gembira
namun takut d. Sedih dan marah
6.
Sikap para pejuang kemerdekaan yang perlu kita teladani
diantaranya adalah ....
a. Mengunggulkan
daerah masing-masing c.
Mengutamakan pendapat generasi tua
b. Berdebat
memilih pemimpin Indonesia d. Bersatu
dalam semua perbedaan
7.
Ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk
menyesuaikan diri dengan lingkungannya dinamakan ....
a. Fotosintesis b. Respirasi c. Adaptasi d. Aspirasi
8.
Contoh ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai adalah
....
a. Akar menjulang
tinggi c. Memiliki
daun yang runcing
b. Memiliki batang
berongga d. Mempunyai
bunga yang berbau busuk
9.
Contoh tumbuhan yang memiki ciri khusu berupa batang yang
berduri adalah ....
a. Ketela pohon,
salak dan mangga c. Mawar,
melati dan anggrek
b. Salak, mawar
dan kaktus d. Kaktus,
jati dan bambu
10. Tumbuhan yang hidup di daerah
gurun dinamakan tumbuhan ....
a. Higrofit b. Xerofit c. Aerofit d. Hidrofit
11.
Contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan
sekolah adalah ....
a.
Kerja bakti membangun jalan desa
b.
Gotong royong membangun jembatan
c.
Saling membantu dalam kerja piket kelas
d.
Kerja sama dalam ujian sekolah
12.
Manfaat adanya persatuan di lingkungan sekolah adalah
....
a. Belajar
menjadi nyaman c. Bisa
bermain terus di kelas
b. Belajar menjadi
terganggu d. Sekolah
menjadi cepat selesai
13.
|
Kerukunan
dapat menjadi penguat bangsa, hal itu seperti peribahasa ....
|
|
|
|
|||||||||
|
a.
|
Bhineka
tunggal ika
|
|
|
|
c.
Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian
|
|||||||
|
b.
|
Tut wuri
handayani
|
|
|
|
d. Bersatu
kita teguh bercerai ktia runtuh
|
|||||||
14.
|
Menjaga
kerukunan di kelas merupakan contoh sikap yang mencerminkan sila Pancasila
yang ....
|
||||||||||||
|
a.
|
Pertama
|
|
|
|
b. Kedua
|
|
|
|
c. Ketiga
|
d. Keempat
|
||
15.
|
Sikap ketika
di sekolah yang mencerminkan menghargai perbedaan adalah ....
|
||||||||||||
|
a. Berteman dengan semua siswa di kelas
|
|
|
|
c. Mencari
teman yang kaya-kaya saja
|
||||||||
|
b. Memilih teman yang seagama saja
|
|
|
|
d. Tidak mau
bermain dengan yang lain daerah
|
||||||||
16.
|
Ahmad
mempunyai
|
|
m tali dan
Budi mempunyai
|
|
m tali. Hal
itu berarti tali yang dipunyai Budi adalah ....
|
||||||||
|
|
||||||||||||
|
a. Lebih panjang dari tali punya Ahmad
|
|
|
|
c. Sama
panjang dengan tali punya Ahmad
|
||||||||
|
b. Lebih luas dari tali punya Ahmad
|
|
|
|
d. Lebih
pendek dari tali punya Ahmad
|
||||||||
17.
|
Deni membeli
|
|
Kg buah
apel, Rani membeli
|
|
Kg buah
jeruk, Bayu membeli
|
|
|
Kg buah pir dan Ratna membeli 1
|
|||||
|
|
|
|||||||||||
|
Kg buah
salak. Dari keempat orang tersebut yang membeli buah dengan jumlah paling
ringan adalah ....
|
||||||||||||
|
a.
|
Deni
|
|
|
|
b. Rani
|
|
|
|
c. Bayu
|
|
|
d. Ratna
|

18.
, , , ,





Pecahan-pecahan
di atas jika diurutkan dari yang terkecil menjadi ....
a.
|
|
|
,
|
|
|
|
,
|
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
c.
|
|
|
,
|
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||
b.
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
d.
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||


19.
1 , ,
, ,
Pecahan-pecahan
di atas jika diurutkan dari yang terbesar menjadi ....





a.
|
|
|
,
|
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
|
|
c.
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
|
,
|
|
|
|
,
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
|
|
d.
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
,
|
|
|
|
,
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||
20. Teks proklmasi kemerdekaan
Indonesia diketik oleh .....
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||
a.
|
Mr. Achmad
Soebardjo
|
b. Sayuti
Melik
|
|
|
c. Sukarni
|
|
|
|
|
d. Drs. Moh. Hatta
|
||||||||||||||||||||||||||
21.
Abdul Latief Hendraningrat adalah salah
satu sosok yang berkiprah dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia, ia adalah salah
satu orang yang .....
a. Menulis teks
proklamasi c. Memimpin
upacara proklamasi
b. Mengetik teks
proklamasi d. Mengibarkan
Sang Saka Merah Putih
22. Di dalam lingkungan masyarakat
terdapat banyak perbedaan, maka kita harus menjunjung tinggi sikap ....
a. Toleransi b. Egois c. Tanggung
Jawab d. Percaya
diri
23.
Indonesia merdeka adalah karena ....
a.
Hadiah dari negara-negara sekutu
b.
Pemberian dari pemerintah jepang
c.
Perjuangan rakyat Indonesia sendiri d. Tidak ada yang berani menjajah
24.
Negara Indonesia mempunyai banyak sekali
perbedaan, antara lain mempunyai perbedaan seni dan budaya. Sikap kita
sebaiknya terkait hal tersebut adalah ....
a.
Hanya menyukai budaya daerah sendiri
b.
Bangga karena merupakan kekayaan bangsa
c.
Selalu pamer terhadap negara lain
d.
Mengejek budaya yang tidak terkenal
25. Upacara bendera yang dilakukan di
sekolah salah satunya bertujuan untuk ....
a. Mengenang jasa
para pahlawan c. Melatih
siswa untuk baris berbaris
b. Melatih siswa
agar kuat di lapangan d. Menjadikan
semua murid jadi pahlawan
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT
INI DENGAN BENAR!
1.
|
Teks proklamasi kemerdekaan
Indonesia ditulis di rumah ....
|
|||||||||||
2.
|
Teks proklamasi kemerdekan
Indonesia ditandatangi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta atas nama ....
|
|||||||||||
3.
|
Tumbuhan yang sebagian
tubuhnya ada di permukaan air dinamakan tumbuhan ....
|
|||||||||||
4.
|
Tumbuhan xerofit adalah
tumbuhan yang hidupnya di daerah yang ....
|
|||||||||||
5.
|
Teratai dan enceng gondok
adalah tumbuhan yang hidupnya di ....
|
|||||||||||
6.
|
Orang yang
menjahit bendera sang Saka Merah Putih yang dikibarkan saat proklmasi
kemerdekaan adalah ....
|
|||||||||||
7.
|
Arti semboyan Bhineka Tunggal
Ika adalah ....
|
|||||||||||
8.
|
Orang yang membacakan teks
proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ....
|
|||||||||||
9.
|
|
......
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
||||||||||
|
Tanda yang tepat untuk
mengisi titik-titik di atas adalah ....
|
|||||||||||
10.
|
|
,
|
|
,
|
|
,
|
|
,
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||||||||
11.
|
Urutan yang tepat dari
pecahan-pecahan di atas dari yang paling kecil adalah ....
|
|||||||||||
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT
INI DENGAN BENAR!
1.
Sebutkan tugas bagi seorang siswa dalam mengisi kemerdekaan
bangsa Indonesia!
Jawab:
................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
2.
Sebutkan makna penting dari proklamasi kemerdekaan bangsa
Indonesia!
Jawab:
................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
3.
Sebutkan manfaat-manfaat dari adanya kerukunan dalam
lingkungan masayarakat!
Jawab:
................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
4.
Bu Yani membuat 8 kue coklat untuk
perayaan ulang tahun anaknya yang bernama Sinta. Setiap kue coklat tersebut
dipotong menjadi 10 bagian. Saat perayaan ulang tahun tersebut ada 36 teman
Sinta yang datang. Setiap teman Sinta diberi 2 potong kue. Berapa bagiankah
jumlah sisa kue yang dibuat Bu Yani?
Jawab:
................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
5.
Sebutkan contoh-contoh sikap dalam menjaga persatuan
dalam perbedaan yang ada di lingkungan sekolah!
Jawab:
................................................................................................................................................................
.....................................................................................................................................................................................
No comments:
Post a Comment