Monday, December 17, 2018

Contoh Silabus Temaik kelas 6


Kelas 6


SILABUS TEMATIK KELAS VI

Satuan Pendidikan      :   SDN PISANGCANDI 3
Kompetensi Inti                      : 
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

TEMA 1

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Tema
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad  raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

Selamatkan Makhluk Hidup 
Mengamati
· Mengamati ciri –ciri makhluk hidup
· Mengamati ciri khusus tumbuhan yang berada di lingkungan sekolah/sekitar
· Mengamati berbagai cara hewan dan tumbuhan beradaptasi dengan lingkungannya
· Mengamati berbagai bentuk contoh laporan pengamatan
· Mengamati berbagai teks bacaan yang menggunakan kalimat baku tidak baku
· Mengamati alam sekitar dan makhluk hidup dan kemudian mengekspresikan keadaan lingkungan sekolah/sekitar dalam bentuk gambar
· Mengamati perkembangbiakan tumbuhan dengan berbagai cara (generatif dan vegetatif)
· Siswa melihat berbagai contoh poster yang bertemakan tentang perlindungan tumbuhan dan hewan
· Mengamati berbagai prosedur berkarya dan berpameran
· Observasi dan melakukan perbandingan perkembangan fisik (tinggi badan dan berat badan) siswa kela 1 s.d 6 serta orang dewasa di sekitar lingkungan sekolah
· Mengamati contoh/artikel/ gambar berbagai hasil produk dan jenis tahapan  olahan sampah organik  dan anorganik

Menanya
· Bertanya dan menggali informasi tambahan tentang perkembangan manusia dari usia balita s.d dewasa dari berbagai sumber tambahan(buku teks pelajaran, ensiklopedia, buku pendukung lain, nara sumber lain (dokter, bidan, guru, orangtua yang berkompeten, dll)
· Bertanya dan menggali informasi lebih lanjut untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan pidato
· Menanyakan tentang cara proses tahapan dan jenis bahan untuk olahan sampah organik dan anorganik, serta tahapan  pembuatan dan berbagai hasil produknya

Mengeksplorasi
· Siswa mencari informasi tentang jenis-jenis tumbuhan dan hewan yang langka dari berbagai sumber
· Siswa mencari informasi tentang penyebab dari kelangkaan binatang dan tumbuhan tersebut
· Siswa mencari manfaat tumbuhan dan hewan bagi kelangsungan hidup manusia
· Menghitung jumlah pengelompokkan tumbuhan yang diobservasi dan menyajikannya dalam berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, persen dan decimal) 
· Melakukan olahraga permainan “kucing dan anjing”
· Mencari informasi tentang perubahan masyarakat Indonesia pada masa  pergerakan kemerdekaan sampai dengan masa reformasi sekarang ini dari berbagai sumber.
· Berdiskusi untuk menentukan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat pidato
· Mengumpulkan data/informasi tambahan tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh tumbuhan dari berbagai sumber lain (buku teks pelajaran, sumber buku lain)
· Mengumpulkan data tentang jenis tumbuhan yang berada di lingkungan sekolah/ sekitar sesuai dengan jenis perkembangbiakannya
· Mengelompokkan jenis tumbuhan yang berkembangbiak dengan secara generatif alami dan buatan dan vegetatif alami dan buatan
· Mengumpulkan informasi tambahan tentang perkembangbiakan tumbuhan dari sumber lain (buku teks pelajaran, buku-buku pendukung lain, nara sumber di lingkungan sekolah dan tempat tinggal, dll.)
· Siswa membuat perbandingan (persamaan dan perbedaan) tentang perubahan masyarakat Indonesia dari hasil pengumpulan informasinya
· Membuat draft pidato yang bertemakan cinta tanah air
· Merefleksi sikap saat kegiatan olahraga permainan tersebut
· Menyimpulkan nilai- nilai yang dapat dipelajari dalam kegiatan olahraga
· Melakukan kesimpulan sementara tentang hasil observasi yang didapat
· Menyimpulkan hasil keseluruhan informasi yang dibuat dengan memperhatikan penggunaan kalimat efektif dan kosa kata baku
· Mempraktikkan cara berpidato di muka kelas
· Membuat tanggapan atas penampilan pidato temannya di muka kelas
· Eksplorasi  dan berlatih menyelesaikan soal-soal cerita (problem solving) yang berhubungan dengan materi pecahan
· Siswa mengekpresikan ide tersebut ke dalam sebuah poster
· Siswa membuat poster yang bertemakan “penyelamatan makhluk hidup” dan isinya tentang ajakan untuk menyelamatkan dan melestarikannya
· Siswa membuat ansambel musik dari berbagai alat musik campuran yang bertemakan tentang penyelamatan makhluk hidup
· Siswa membuat projek unjuk kerja semua bidang studi yang di dalamnya berisi tentang:
-   Informasi jenis dan jumlah makhluk hidup yang terancam punah
-   Siswa menuliskan jumlahnya dan merubahnya dalam bentuk pecahan/decimal
-   Siswa berkampanye dengan menunjukkan hasil poster yang dibuatnya dan juga memberikan informasi tentang perkembangan manusia khususnya masyarakat Indonesia dalam berbagai sisi dan diutamakan kegiatan-kegiatan manusia yang merusak lingkungan dan ekosistem dan ajakan untuk cinta tanah air dan penyelamatan makhluk hidup
· Mencari informasi pengolahan sampah organik dan anorganik dari berbagai sumber
· Memilih bahan untuk membuat produk olahan sampah organik dan anorganik dari lingkungan sekitar
· Membuat produk olahan sampah organik dan sampah anorganik di lingkungan sekitar
· Membuat display tahapan pengolahan sampah organik  dan sampah anorganik untuk dipajang

Mengasosiasi
· Menyimpulkan tentang ciri-ciri khusus tumbuhan yang dihubungkan dengan habitatnya
· Menganalisis tentang cara pandang/pola berpikir orang-orang di sekitar tentang suatu permasalahan yang terjadi di lingkungan/ masyarakat (studi kasus dalam fokus pada perkembangan/ perubahan masyarakat Indonesia dalam berbagai sisi)
· Menganalisis beberapa contoh pidato yang baik dan benar dan melihat kriteria apa saja yang ada dalam sebuah pidato yang benar (kalimat pembuka, isi dan kalimat penutup pidato)
· Menganalisis penggunaan ejaan dan tanda baca yang tepat
· Menganalisis penggunaan kalimat efektif dalam naskah pidato
· Menganalisa kembali draft pidato yang telah dibuatnya dan membuat kembali naskah pidato yang benar
· Analisis menanggapi suatu masalah/tata cara untuk memberikan komentar/kritik yang baik (pemilihan bahasa dan ekspresi berbicara)
· Siswa menganalisis penggunaan pemilihan kata-kata yang merupakan kata ajakan
· Menguatkan hasil analisis dengan mencari informasi tambahan dari berbagai sumber/ media
· Menganalisis cara-cara  perkembang-biakan tumbuhan dan menyimpulkannya

Mengomunikasikan
· Mengomunikasi hasil pengamatan dalam bentuk laporan
· Mengomunikasikan hasil kegiatan sebelumnya dengan menyertakan nilai-nilai yang dipelajari saat kegiatan
· Menyanyikan lagu dan bermain ansambel lagu yang bertema hewan
· Menuliskan hasil analisis sebab dan akibat adanya perubahan tersebut
· Siswa menyimpulkan hasil analisis yang dibuatnya dan memberikan ide-ide alternatif yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk upaya penyelamatan hewan dan tumbuhan tersebut
· Menuliskan aturan dalam permainan olahraga yang telah dilakukan.
· Memajang hasil karya siswa pada papan pajangan
Portofolio
· Laporan
· Mencari data cara memperolehnya)
· Tabel
· Menyatakan banyak suatu jenis ternak dengan prosentase
· Mind map
· Menjelaskan proses berternak dari membeli sampai memperoleh hasil
· Menjelaskan perkembang-biakan tumbuhan
· Hasil karya siswa dari sampah organik dan anorganik

Unjuk kerja
· Menggambar berbagai jenis ternak dan tumbuhan
· Proses pembuatan barang dari sampah organik dan anorganik

Tes tulis
· Menghitung harga ternak
· Menghitung  rata-rata banyaknya ternak yang dimiliki peternak

Tes Lisan
· Menceriterakan cara  pemilik ternak menjaga agar ternaknya tetap sehat.
· Menyatakan sikap terhadap kepunahan ternak dan tanaman/ tumbuhan.
· Menyatakan sikap tentang perkembangan manusia
5 M x 32 JP
· Buku Teks Pelajaran
· Lingku-ngan sekolah/
· sekitar
· Nara sumber
· Buku pendu-kung lain
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif, jujur, teliti; cermat, tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan)  dalam aktifitas sehari- hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi

2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari  sebagai wujud implementasi melaksanankan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

3.6
Mendeskripsikan perkembangbiakan makhluk hidup
· Perkem-bangbiak-an makhluk hidup
3.7
Mengidentifkasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

· Cara makhluk hidup menyesuaikan diri
4.5
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang adaptasi makhluk hidup yang ditemui di lingkungan sekitar
· Laporan hasil pengama-tan
4.4
Mengikuti prosedur perkembang-biakan tumbuhan dan melaporkan hasilnya dalam bentuk tulisan
· Prosedur perkembangbiakan tumbuhan
PPKn
1.1 Menghargai semangat kebhineka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat,sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
· Semangat kebhineka-an
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

2.1
Menunjukkan perilaku bertanggung-jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah, dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila

2.2
Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib dan aturan sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia

2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat

2.4
Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia

3.5
Memahami nilai-nilai persatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional, dan kemerdekaan
· Nilai-nilai persatuan
4.1
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional, dan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari
· Penerapan nilai-nilai persatuan
 IPS
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik

2.1
Menujukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme

2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadapa lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik

2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat, kelestarian fisik,budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.2
Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangsaan, dan bernegara
· Masa pergerakan kemerde-kaan sampai awal reformasi
4.2
Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal reformasi dalam berpolitik, berkebang-saan, dan bernegara dalam bentuk tulisan
· Sebab akibat perubahan masyara-kat Indonesia
Matematika
1.1
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

2.1
Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas

2.2
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif

2.3
Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar

2.4
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan

2.5
Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

3.1
Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa,campuran, desimal dan persen)
· Operasi hitung pada pecahan
3.2
Memahami perbandingan senilai dan perbandingan terbalik
· Perban-dingan senilai dan perban-dingan terbalik
4.5
Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
· Percobaan mencari sudut
Bahasa Indonesia
1.1
Meresapai makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh pengetahuan

1.2
Meresapi makna anugerah Tuhan yang maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya

2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantara panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

3.1
Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap system pemerintahan serta
layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

2.4
Memiliki kesetiaan,dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia


3.1
Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri makhluk hidup dan lingkungan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Teks laporan investigasi
3.3
Menguraikan isi teks pidato tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Teks pidato tentang cinta tanah air
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan milih dan memilah kosakata baku
· Teks laporan tentang ciri khusus makhluk hidup
4.2
Menyajikan isi teks pidato tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Teks pidato tentang cinta tanah air
Seni budaya dan
prakarya
1.1
Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air

2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni

2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni

2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui karya seni

2.4
Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar

3.1
Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
· Karya dua/tiga dimensi
3.2
Mengenal harmoni dan simbol teks lagu sederhana
· Teks lagu sederhana
3.1
Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan
· Karya kreatif
4.1
Menggambar perspektif sederhana dengan menerapkan proporsi dan komposisi berdasarkan hasil pengamatan
· Gambar perspektif
4.3
Menggambar poster sesuai dengan keperluan penyampaian informasi tertentu
· Gambar poster
4.5
Membuat pola irama sederhana untuk iringan lagu dengan symbol panjang pendek bunyi dan mengembang-kan pola iringan
· Pola irama sederhana
4.16
Membuat produk olahan sampah organik atau sampah anorganik di lingkungan sekitar
· Produk olahan sampah
Penjas
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan-nya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai

1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta

2.1
Berperilaku sportif dalam bermain

2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.


4.1
Mempraktik-kan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan olahraga atletik dan atau tradisional
· Gerak dasar atletik
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Pisangcandi 3

Drs. DJUMARI, M.Pd
NIP. 19631006 198703 1 013
Malang,…………………………………..
Wali Kelas 6

DHIMAS ARIS STYAWAN SOESANTO, S.Pd
NIP. 19841001 201407 1 001

TEMA 2

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Tema
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
IPA
3.4
Membedakan campuran dan larutan melalui pengamatan
· Perbedaan campuran dan lapuran
Persatuan Dalam Perbedaan
Mengamati
·  Membaca artikel tentang sejarah terpecahnya Timor-Timur dari NKRI. Kemudian mengolah artikel tersebut dan menyajikannya dalam bentuk ringkasan dengan memilah dan memilih penggunaan kosakata baku
·  Membaca dan menganalisis data tentang jumlah suku, bahasa daerah, makanan tradisional, tarian tradisional, dan alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Kemudian mencari manfaat dari keragaman tersebut bagi bangsa Indonesia serta menemukan hubungan antara keragaman tersebut dengan persatuan NKRI (Bhinneka Tunggal Ika)
·  Mengamati berbagai prosedur berkarya kreatif dan kegiatan pameran

Menanya
·  Menanyakan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
·  Menanyakan perbedaan campuran dan larutan
·  Menanyakan upaya apa yang perlu dilakukan untuk menjaga keutuhan wilayah nusantara

Mengeksplorasi
·  Melakukan beberapa percobaan yang berhubungan dengan larutan
·  Berekplorasi dengan berbagai benda/cairan larutan yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari
·  Mengumpulkan data, siswa membuat projek unjuk kerja semua bidang studi yang di dalamnya berisi tentang:
-   Aspek Ekonomi: Data pekerjaan/kepala keluarga dari masyarakat di sekitar sekolah
-   Aspek Sosial; Data pelanggaran/tindak pidana yang terjadi dalam satu tahun terakhir dari masyarakat di lingkungan sekitar sekolah.
-   Aspek Pendidikan: Data anak-anak usia wajib belajar yang telah  sekolah dan tidak sekolah dalam satu tahun terakhir di lingkungan sekitar sekolah.
-   Aspek Budaya: Data banyaknya peringatan/acara kebudayaan dlam satu tahun terakhir yang menampilkan kebudayaan daerah di lingkungn sekitar sekolah
·  Pengumpulan data tersebut di atas dalam bentuk kuesioner/ lembar isian sederhana yang akurat

Mengasosiasi
·  Menganalisis beberapa benda yang terbuat dari campuran beberapa zat
·  Menemukan kesimpulan tentang perbedaan antara campuran dan larutan
·  Menganalisis berbagai bentuk keanekaragaman sosial yang ada di Indonesia
·  Menganalisis data untuk menemukan kecenderungan  hubungan/katagori  dari empat aspek tersebut.
·  Membuat kesimpulan dari hubungan empat aspek tersebut.

Mengomunikasikan
·  Mengomunikasikan data di atas dalam bentuk  grafik.
·  Mengomunikasikan hasil kesimpulan dalam bentuk tulisan laporan yang disajikan dalam bentuk slide (media elektronik) dengan memilah dan memilih kosakata baku, tentang keragaman  kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia di sekitar sekolah
·  Mengomunikasikan/ menyampaikan hasil konseptualiasasi/ rancangan pembuatan tekstil/motif hias/batik dari sket, tahapan pembuatan sampai penyelesaian pembuatan tekstil dalam bentuk lisan/tulisan
·  Membuat Projet “Batik Day”, yang akan dilakukan dalam satu hari sekolah. Kegiatannya antara lain:
-   Memanggil nara sumber untuk menceritakan tentang Sejarah Batik.
-   Menggambar dengan teknik Batik sederhana.
-   Menampilkan ansambel alat music tradisional dari daerah sekitar, dengan menggunakan pakaian batik.
-   Memasang poster-poster yang telah dibuat sebelumnya, yang berisi tentang berbagai hal tentang Batik (termasuk nilai-nilai yang terkandung dari sejarah terciptanya Batik).
Portofolio:
·  Laporan
·  Data tentang suku bangsa di provinsinya  (jenis dan banyaknya serta cara memperoleh-nya)
·  Mengambar  simbol
·  Bhinneka Tunggal Ika
·  Kuesioner
·  Lembar kerja Menyatakan banyaknya suatu suku bangsa prosentase
·  Grafik
·  Poster

Unjuk kerja
·  Menggambar peta
·  Membatik

Tes tulis
·  Menjelaskan penyebab perpecahan bangsa
·  Tabel Menghitung rata-rata penduduk setiap kabupaten

Tes Lisan
·  Menceritakan cara pemerintah menjaga persatuan
5 M x 32 JP
·  Buku Paket
·  Lingkung-an sekolah/ sekitar
·  Nara sumber
·  Buku pendu-kung lain
4.3
Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
· Percobaan tentang perbedaan larutan dan campuran
PPKn
3.3
Memahami manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang ada di Indonesia
· Manfaat keanekara-gaman sosial budaya dan ekonomi
4.3
Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerjasama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksanakan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
· Laporan tentang keterlibatan kerjasama masyara-kat
IPS
3.1
Mengemukaan keragaman aspek keruangan dan konektivitas antar ruang, waktu,perubahan, dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial,ekonom, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia
· Keragaman aspek keruangan dan konektivi-tas
4.1
Menyajikan hasil pengamatan terhadap keragaman aspek keruangan dan konektifitas antar ruang, waktu, perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia dalam aspek sosial, ekonomi, pendidikan, dan budaya dalam masyarakat Indonesia dalam bentuk cerita, tulisan atau media lainnya
· Keragaman aspek keruangan dan konektivitas
Matematika
1.1
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

3.11
Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik

· Data tabel dan grafik
3.12
Memahami kuesioner/ lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu
3.7
Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi
· Kuisioner
· Poligon
4.1
Merumuskan dengan kalimat sendiri, menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang, dan data yang terkait dengan aktifitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau di tempat bermain serta membuktikan kebenarnan atau masuk akalnya jawaban
· Kalimat matematika tentang operasi hitung
4.10
Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
· Penggunaaan data statistik
Bahasa
Indonesia
3.1
Menggali informasi dari teks laporan tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Teks ciri-ciri makhluk hidup
· Campuran dan larutan
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan tentang ciri khusus makluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan milih dan memilah kosakata baku
· Teks laporan tentang ciri khusus makhluk hidup
4.4
Mengolah dan menyajikan teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Teks cerita fiksi tentang sejarah nusantara
Seni Budaya
dan
prakarya
3.1
Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
· Karya dua dan tiga dimensi
4.2
Menggambar di atas kain dengan teknik merintang warna
· Teknik merintang warna
4.6
Menyanyikan lagu daerah dua suara dengan iringan
· Lagu daerah
4.7
Memainkan ansambel alat musik campuran dengan membaca partitut sederhana
· Partitur musik
4.8
Menampilkan musik nusantara dengan alat musik sederhana
· Musik sederhana
3.4
Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan
· Karya kreatif Batik
4.13
Membuat karya kerajinan batik berdasarkan motif hias daerah
7. Penjas
4.2
Mempraktik-kan variasi dan kombinasi pola dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil dan bola besar dengan kontrol yang baik
· Kombinasi pola dasar lokomotor, nonloko-motor dan manipula-tif permainan olah raga tradisional

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Pisangcandi 3



Drs. DJUMARI, M.Pd
NIP. 19631006 198703 1 013

Malang,…………………………………..
Wali Kelas 6



DHIMAS ARIS STYAWAN SOESANTO, S.Pd
NIP. 19841001 201407 1 001


TEMA 3

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Tema
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
IPA
2.1
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

Tokoh dan Penemu
Mengamati
· Mengamati dari informasi yang didapat tentang keteraturan tata surya dan menemukan hubungannya dengan kebesaran Sang Pencipta, untuk menumbuhkan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
· Mengamati pemanfaatan energi listrik dalam kehidupan sehari hari
· Membaca tentang budaya masyarakat dalam dikaitkan dengan pengamalan Pancasila
· Mengamati berbagai prosedur berkarya kreatif dan kegiatan pameran
· Mengamati gambar/ model patung dan alat media berupa model patung dalam ukuran mini/kecil


Menanya
·  Menanyakan tentang contoh-contoh pengamalan Pancasila
·  Menanyakan tentang manfaat lembaga politik dalam berbangsa dan bernegara
·  Menanyakan tentang cara proses tahapan dan jenis bahan untuk pembuatan patung

Mengeksplorasi
·  Kerja individu: mencari dan mengolah informasi tentang tata surya, dengan menyertakan tokoh-tokoh yang menemukan teori tentang tata surya
·  Kerja kelompok: mencari dan mengolah informasi tentang hal-hal yang termasuk dalam gejala alam, menelaah penyebab dan akibat yang terjadi serta cara penanggulangannya (hujan, angin topan, pelangi, angin darat/laut, banjir, erosi dan abrasi, tsunami, gempa bumi)
·  Mencari informasi mengenai  fenomena alam
·  Mengolah data statistik yang telah dibuat dari tema sebelumnya tentang empat aspek: ekonomi, budaya, sosial,  dan pendidikan, untuk mengetahui cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus, dari setiap aspek tersebut
·  Melakukan praktik bela diri tradisional dan dikombinasikan dengan permainan tradisional.
·  Mencari informasi dalam pembuatan patung sesuai tahapan yang diberikan
·  Mempraktikkan pembuatan patung sederhana dari berbagai media
·  Memilih bahan untuk membuat karya asesoris dengan berbagai bahan dan teknik
·  Membuat karya kerajinan asesoris dengan prosedur dan teknik yang baik

Mengasosiasi
·  Menganalisis dan mengidentifikasi kegunaan energi listrik, menjelaskan proses terjadinya energi listrik dan sumber-sumber pembangkit energi listrik, serta kegunaan energi listrik bagi kehidupan manusia.
·  Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari empat aspek tersebut
·  Membuat kesimpulan dari hasil membandingkan data dari empat aspek tersebut dalam bentuk tulisan
·  Menganalisis jenis-jenis bahan untuk pembuatan patung yang cocok dari serbuk, bahan lunak sampai bahan keras

Mengomunikasikan
·  Mengomunikasikan/me-nyampaikan hasil konseptualiasasi/ranca-ngan pembuatan ukiran/pahatan/topeng dengan berbagai motif hias dari sket, tahapan pembuatan sampai penyelesaian pembuatan kerajinan teknologi sederhana dalam bentuk lisan/tulisan
·  Membuat Proyek “Cinta Tanah Air”, yang dilakukan selama satu hari penuh, kegiatan-kegiatannya antara lain;
-   Lomba Pidato: yang bisa bertemakan tentang : hemat listrik dan hubungannnya dengan nilai-nilai Pancasila terutama Sila ke tiga tentang cinta tanah air, sikap-sikap dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan perwujudan dari nilai cinta tanah air, dengan memilih dan memilah kosakata baku.
-   Lomba membentuk patung menggunakan berbagai media, seperti: sabun mandi, kayu, tanah liat, atau plastisin, dsb.
-   Lomba membuat karya tulis  tentang pentingnya/manfaat adanya organisasi politik, ekonomi dan budaya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.
Portofolio
· Laporan : Pengamatan terhadap penggunaan tenaga listrik di kampungnya dikaitkan kehematan dan keselamatan
· Tabel : Penggunaan listrik atau energi lain di kampungnya
· Grafik : Penggunaan listrik di rumahnya dari bulan ke bulan
· Poster : Ayo hidup sehat; Ayo cinta tanah air; Hasil karya patung

Unjuk kerja
· Proses membuat patung sederhana dari para penemu
· Pidato : Pancasila sebagai pedoman hidup bernegara dan bermasyarakat
· Mengomunikasikan hasil olah data dalam bentuk tulisan


Tes tulis
·  Menyebutkan planet-planet
·  Menyebutkan penemu benda ruang angkasa
·  Mengolah data statistik salah satu aspek (ekonomi, budaya, sosial, dan pendidikan, untuk mengetahui cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus)
·  Menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik sederhana

Tes Lisan
·  Menjelaskan sistem tatasurya
·  Menjelaskan gejala alam dan penyebutnya
·  Menjelaskan kegunaan listrik beserta cara mempro-duksinya
·  Menjelaskan berbagai jenis organisasai beserta contohnya
5 M x 32 JP
· Buku Paket
· Lingkung-an sekolah/
sekitar
· Nara sumber
· Buku pendu-kung lain
3.1
Mengidentifi-kasi kegunaan energi listrik, konversi energI listrik,trans-misi energi listrik, dan berpartisipasi dalam kehidupan sehari-hari
· Manfaat energi listrik
· Konversi listrik
· Transmisi listrik
PPKn
3.2
Memahami moralitas yang terkandung dalam sila Pancasila di rumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat sekitar
·  Nilai-nilai pengama-lan sila Pancasila
4.1
Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
· Contoh pengamal-an sila Pancasila
IPS
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik

2.1
Menujukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadapa lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembang-kan pola hidup sehat, kelestarian fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.4
Menelaah manfaat kelembagaan politik, sosial,ekono-mi, dan budaya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia
4.4
Menyajikan pemahaman mengenai manfaat kelembagaan politik,sosial,ekonomi, dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto,dan lainnya)
· Manfaat lembaga politik, sosial, ekonomi dan budaya
Matematika
1.1
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

3.3
Memahami cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik sederhana
· Statistik sederhana
3.4
Membanding-kan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda,tetapi sejenis
· Mengolah data statistik
3.7
Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi

· Poligon
4.6
Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
· Besar sudut
Bahasa Indonesia
3.3
Menguraikan isi teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah dengan bantuan gur dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Teks pidato persuasif
4.3
Menyampaikan teks pidato persuasif tentang cinta tanah air dan sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Teknik Berpidato
Seni Budaya dan prakarya
3.1
Mengenal karya dua dan tiga dimensi berdasarkan prinsip seni dan karya seni rupa nusantara
· Karya tiga atau dua dimensi
3.4
Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan
· Karya kreatif
4.4
Membentuk karya patung sederhana dari berbagai media
· Cara mematung
3.5
Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan

4.13
Membuat karya keraji- nan asesoris dengan berbagai bahan dan teknik
· Kerajinan assesoris
Penjas
3.5
Memahami konsep latihan kebugaran jasmani, dan pengukuran status kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelentukan tungkai).
3.6
Memahami konsep rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam.
· Pengukur-an kebugaran jasmani
· Gerak dasar senam lantai
4.4
Mempraktik-kan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
· Gerak dasar lokomotor, non lokomotor

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Pisangcandi 3



Drs. DJUMARI, M.Pd
NIP. 19631006 198703 1 013

Malang,…………………………………..
Wali Kelas 6



DHIMAS ARIS STYAWAN SOESANTO, S.Pd
NIP. 19841001 201407 1 001


TEMA 4

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Tema
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

Globalisasi
Mengamati
·  Mengamati planet-planet yang beredar mengelilingi matahari dari berbagai media yang ada
·  Mengamati planet-planet yang beredar mengelilingi matahari dari berbagai media yang ada
·  Membaca naskah buku tentang ketergantungan  manusia dalam membangun kehidupan kebangsaan
·  Mendengarkan penjelasan tentang realita keberagaman baik dalam maupun luar negeri
·  Mengamati kehidupan manusia di lingkungan sekitar rumah/sekolah baik pekerjaan maupun kebiasaan mereka
·  Membaca teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga
·  Mengamati gambar/model/film/ vcd tentang tarian dan alat media atau mengamati kegiatan lingkungan sekitarnya sabagai ide/gagasan membuat tarian dengan tema alami
·  Mengamati gambar/model/film/vcd tentang tarian atau mengamati kegiatan lingkungan sekitarnya sabagai ide/gagasan membuat tarian dengan tema alam yang dirangkai berdasarkan tahapan gerak awal/pembuka, gerak manakwi dan gerakan murni sesuai dengan irama dan pola lantai
·  Mengamati gambar/ model/film/vcd tentang tarian dan alat media  atau mengamati pertunjukkan tarian daerah sekitarnya
·  Mengamati salah satu proses latihan senam irama:
-   Senam masal/ SKJ
-   Aerobik
-   Senam irama
-   Senam si buyung
· Mengamati sebuah proses rangkaian gerakan senam ketang-kasan
-   gerakan berguling
-   gerakan melompat
-   gerakan berputar
-   gerakan sikap lilin
-   gerakan tumpuan
·  Dapat membentuk piramid dalam kelompok kecil atau besar
·  Menghafal urutan gerakan senam yang telah dilakuan secara berurutan
·  Mengamati gambar Prakarya/kerajinan ukiran/pahatan baik berupa relief/ patung/topeng dan alat media berupa ukuran mini/kecil dari kerajinan Nusantara/ tradisional

Menanya
·  Memberikan kesempatan untuk bertanya tentang tata surya
·  Mengajukan pertanyaan tentang hal-hal berkaitan dengan kebutuhan manusia dalam membangun kehidupan kebangsaan
·  Mengajukan pertanyaan mengenai keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
·  Mengajukan pertanyaan tentang kondisi geografis wilayah Indonesia
·  Mengajukan pertanyaan manfaat  kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia
·  Mengajukan beberapa pertanyaan dari teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga
·  Menanyakan tentang cara proses tahapan dan jenis  pembuatan gerakan tarian dan pola lantai , gerakan murni dan gerak maknawi gagasannya dari lingkungan
·  Menanyakan tentang cara proses tahapan pembuatan rangkain gerakan tari dasar dan gerakan tarian, pola irama dan pola lantai , gerakan murni dan gerak maknawi dalam satu rangkaian dalam suatu tarian
·  Menanyakan tentang nilai-nilai yang melekat dalam setiap gerakan tarian baik gerak maknawi dan gerakan murni sesuai dengan musik pengiring dari gagasan tarian dari budaya daerah
·  Mengajukan pertanyaan tentang manfaat kegiatan tersebut.
·  Mengajukan pertanyaan manfaat dan tujuan sebuah rangkaian gerakan senam irama
·  Menjawab pertanyaan bacaan

Mengeksplorasi
·  Mendiskusikan hasil pengamatan tentang tata surya
·  Menentukan contoh alasan saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
·  Menentukan keberagaman yang ada di daerah, di dalam negeri Indonesia dan luar negeri
·  mengumpulkan data tentang manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya
·  menentukan pengaruh kegiatan manusia bagi kehidupan sosial ekonomi, dan budaya
·  Memperkirakan besar sudut sudut benda nyata dengan satuan tidak baku
·  Memperkirakan besar sudut benda dengan satuan baku (satuan derajat). Lalu membuktikan nya dengan ukuran baku menggunakan penggaris busur
·  Mengukur semua sudut sudut dalam segitiga. Dan menuliskan hasil dalam tabel
·  Menuliskan semua benda di sekolah dan sekitarnya benda
·  Mengukur semua sudut sudut dalam segiempat. Dan menuliskan hasil dalam tabel
·  Mempraktikkan dan menemukan gagasan dalam rangkaiann gerak murni dan maknawi sesuai dfengan pola lantai dan irama pengiring dengan tema  sederhana dari berbagai media
·  Menggambar beberapa segitiga , siku-siku, sembarang, lancip , tumpul, sama sisi, dan sama kaki
·  Menggambar beberapa bangun datar segi empat
·  Menggambar sudut dengan satuan derajat menggunakan penggaris busur derajat
·  Menggambar bangun 2 datar dengan sudut sudut tertentu.
·  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jumlah besar sudut-sudut dalam segitiga selalu 180 derajat.
·  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jumlah besar sudut-sudut dalam segiempat selalu 360 derajat.
·  Memainkan pola sudut dalam hal kesebangunan bangun datar segitiga sama kaki, layang-layang, belah ketupat, dan jajaran genjang
·  Membuat naskah drama cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga
·  Mencari informasi dalam jenis tarian sesuai dengan tema dan  tahapan pembuatan gerakan tarian sesuai dengan imajinasi dan iringan musik
·  Mencari informasi dalam jenis tarian sesuai dengan tema dan tahapan pembuatan gerakan tarian yang gagasannya dari lingkungan
·  Mencari informasi jenis tarian daerah yang mengandung nilai-nilai yang melekat dalam unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
·  Mempraktikkan dan menemukan gagasan dalam rangkaiann gerak murni dan maknawi sesuai dengan pola lantai dan irama musik pengiring sesuai imajinasi
·  Mempraktikkan dan menemukan gagasan dan nilai-nilai budaya dari berbagai unsur dari setiap rangkaiann gerak murni dan maknawi sesuai dengan pola lantai dan irama pengiring dengan tema sederhana dari tari daerah setempat
·  Mempraktikan dan menciptakan sebuah rangkaian gerakan dengan konsep posisi statis dan dinamis untuk membuat suatu rangkaian gerakan
·  Mempraktikan salah satu senam yang akan dilakukan secara bertahap
·  Membuat model susunan tata surya yang memperhatikan perbandingan ukuran matahari dan planet-planet
·  Latihan memperagakan naskah yang telah dibuatnya


Mengasosiasi
·  Membuat kesimpulan dari hasil pengamatan tentang tata surya
·  Membuat kategori hal-hal yang dapat membangun dan yang menghacurkan kebangsaan
·  Menyampaikan kesimpulan pentingnya membangun  kehidupan kebangsaan
·  Menganalisis realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
·  Membuat kesimpulan materi realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
·  Menyimpulkan dan mempresentasikan hasil karya dengan diskusi dan pengambilan kesimpulan
·  Menyimpulkan dan mempresentasikan hasil karya dengan diskusi dan pengambilan kesimpulan
·  Menganalisis gerak tari murni dan gerak maknawi dalam satu rangkaian suatu tarian sesuai dengan tema yang telah di tentukan sesuai denghan pola lantai dan pola irama dengan iringan musik
·  Menganalisis jenis-jenis gerak tari murni dan gerak maknawi untuk pembuatan tarian sesuai dengan tema yang telah ditentukan sesuai dengan pola lantai dan pola irama.
·  Menganalisis jenis-jenis gerak tari murni dan gerak maknawi untuk pembuatan tarian sesuai dengan tema yang memiliki nilai-nilai budaya baik berupa pola lantai, irama dalam tarian daerah setempat

Mengomunikasikan
·  Mendeskripsikan posisi planet-planet di dalam tata surya
·  Mendeskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya
·  Mempresentasikan/ melaporkan hasil pengamatan tata surya
·  Mempresentasikan di depan kelas kesimpulan materi keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan social, ekonomi, dan budaya dalam berbagai bentuk media
·  Menyampaikan hasil konseptualisasi mengenai keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan social, ekonomi, dan budaya dalam berbagai bentuk media, misalnya lisan, tulisan, gambar, foto, atau lainnya
·  Menyampaikan hasil konseptualisasi manfaat kelembagaan politik, sosial, ekonomi dan budaya bagi kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia
·  Menampilkan drama di depan kelas/ panggung.
·  Membuat laporan hasil penulisan sudut-sudut  dalam bentuk tabel.
·  Mempresentasikan dan mendiskusikan hasil tulisan yang telah dibuat.
·  Menyampaikan hasil konseptualiasasi/ranca-ngan pembuatan patung dari sket, tahapan pembuatan sampai penyelesaian pembuatan patung dalam bentuk lisan/tulisan
·  Menyampaikan  hasil konseptualiasasi/ rancangan pembuatan gagasan tari dengan tema yang telah ditentukan berupa sket/gambar, gerak murni,  gerak maknawi, pola lantai, pola irama dan tahapan pembuatan sampai penyelesaian dalam bentuk lisan/tulisan
·  Menyampaikan hasil konseptualiasasi/ rancangan pembuatan gerakan rangkain tari dengan tema yang telah ditentukan berupa sket/foto/film yang berisi gerak murni, gerak maknawi, pola lantai, pola irama  dan tahapan pembuatan dengan iringan musik sampai penyelesaian dalam bentuk lisan/tulisan
·  Menyampaikan  hasil konseptualiasasi/ rancangan gagasan tarian dengan tema yang telah gambar/foto, gerak murni, gerak maknawi, pola lantai, pola irama  dengan nilai-nilai budaya yang melekat dengan berbagi unsur dalam bentuk lisan/tulisan
Portofolio:
·    Laporan
Pelaksanaan percobaan tentang hantaran dan perubahan suhu
·    Tabel
Menyusun tabel keberagaman pemeluk agama, organisasi, dsb
·    Mind map
Membuat bagan pemerintahan desa/ kelurahan

Unjuk kerja
·  Membuat model bangun ruang dengan bantuan benang
·  Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu,
·   Menari
·  Melakukan gerakan senam

Tes tulis
·  Menentukan besar sudut

Tes Lisan
·   Menjelaskan rancangan dan pelaksanaan serta hasil percobaan



5 M X 32 JP

·     Buku Paket
·     Ling-kungan sekolah/ sekitar
·     Nara sumber
·     Buku pendu-kung lain


2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

3.1
Mengidentifi-kasi kegunaan energi listrik, konversi energy listrik, transmisi energy listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
3.1
Mendeskripsi-kan sistem tata surya, matahari sebagai pusat tata surya, serta posisi dan karakteristik anggota tata surya
· Manfaat energi listrik
· Sistem ta-ta surya
4.1
Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu, serta mengidentifi-kasi variabel bebas dan variabel terikat dalam percobaan tersebut
· Perbedaan campuran dan larutan
· Hantaran dan perubahan benda
PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyara-kat, berbangsa dan bernegara

2.1
Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.4
Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia

3.4
Memahami saling ketergantungan dalam membangun kehidupan kebangsaan
·  Kehidupan kebangsaan
4.6
Menyajikan realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantung-an dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
· Kebera-gaman dalam kehidupan
IPS
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.2
Menerima adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3
Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembang-kan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.3
Memahami keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya
·  Hubungan manusia dengan kondisi geografis
4.3
Mengemuka-kan hasil pemahaman mengenai keterkaitan manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di wilayah Indonesia serta pengaruhnya bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya dalam berbagai bentuk media (lisan, tulisan, gambar, foto, dan lainnya)
·  Ketertkait-an manu-sia dengan kondisi geografis
Matematika
1.1
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur dan mengikuti aturan , peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.3
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
2.4
Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.5
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
2.6
Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

3.1
Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
·  Besar sudut
3.9
Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut
·  Juring Bangun rusang
4.2
Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubung-kan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambar-kannya dalam bentuk sketsa
·  Mambuat bangun datar
4.8
Menggambar plotting titik-titik di kuadran pertama  
·  Menggam-bar dalam kuadran
Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2
Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya

2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3
Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4
Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

4.2
Menggali informasi dari teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Sejarah Nusantara
4.3
Mengolah dan menyajikan teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Mencerita-kan sejarah nusantara
Seni budaya dan prakarya
1.1
Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air

2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
2.4
Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar

3.5
Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah

· Nilai budaya daerah
4.9
Menemukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
4.10
Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan properti
· Gerak tari
· Rangkaian gerak tari
Penjas
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan-nya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta

2.1
Berperilaku sportif dalam bermain
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran.

4.1
Mempraktik-kan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.2
Mempraktik-kan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil.
4.3
Mempraktik-kan variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
4.4
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri.
· Gerak lokomotor, non lokomotor dan manipula-tif
· Permainan
· Gerak dasar atletik
· Olah raga beladiri
4.5
Mempraktik-kan latihan kebugaran jasmani, dan pengukuran status kebugaran jasmani pribadi secara sederhana (contoh: menghitung denyut nadi, menghitung kemampuan melakukan push up, menghitung kelentukan tungkai).
4.6
Mempraktik-kan rangkaian tiga gerak dasar senam lantai dengan konsisten, tepat dan kontrol yang baik dalam aktivitas senam.
· Praktik latihan kebugaran
· Praktik senam lantai

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Pisangcandi 3

Drs. DJUMARI, M.Pd
NIP. 19631006 198703 1 013
Malang,…………………………………..
Wali Kelas 6

DHIMAS ARIS STYAWAN SOESANTO, S.Pd
NIP. 19841001 201407 1 001

TEMA 5
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Tema
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
IPA


1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

Wirausa-ha
Mengamati
·  Mengamati/mencari informasi tentang kegunaan energi listrik,  konversi energy listrik, transmisi energi listrik dan penghematan energi listrik melalui berbagai sumber
·  Mengamati hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
·  Mengamati dan menjelaskan  energi- energi pada lingkaran yang meliputi: jari-jari diameter, pusat lingkaran, keliling , luas, juring, dan busur
·   Mengingat rumus  luas juring dan panjang busur dan hubungannya dengan luas dan keliling lingkaran
·   Mengamati bangun bangun yang mempunyai simetri lipat dan tidak mempunyai simetri lipat
·   Membaca teks ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
·   Mengamati penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
·   Mengamati laporan kajian tentang budaya Indonesia
·   Mengamati gambar kerajinan tekstil dan alat media berupa  ukuran mini/kecil dari kerajinan tekstil Nusantara/ tradisional
·   Mengamati gambar prakarya/kerajinan tekstil berupa karya kreatif  dengan teknik aplikasi dan menjahit dengan tangan baik berupa karya aplikasi dan alat media berupa ukuran mini/kecil dari Prakarya/ kerajinan Nusantara/tradisional
·   Menanyakan tentang cara proses tahapan dan jenis bahan untuk pembuatan prakarya/kerajinan tekstil baik berupa karya kreatif dengan teknik aplikasi dan menjahit dengan tangan dari bahan tekstil  aplikasi
·   Mengamati rangkaian gerakan  berangkai 6 pos.
-   lari di tempat
-   lari bolak balik
-   dengan jarak 
-   tertentu
-   jongkok berdiri
-   sit up
-   push up
-   lompat
·   Mengamati proses latihan ketrampilan salah satu gaya renang :
-        renang gaya dada
-        renang gaya bebas
-        renang gaya
-        punggung
-        renang gaya kupu-
-        kupu
·   Mengamati pengukuran kebugaran jasmani dan beberapa jenis tes kebugaran

Menanya
·   Mengajukan pertanyaan tentang pengertian hak, kewajiban, dan tanggung jawab
·   Mengajukan beberapa pertanyaan tentang kosa kata yang ada dalam bacaan.
·   Menanyakan tentang pentingnya kajian seni budaya Indonesia sebagai upaya pelestarian budaya nasional
·   Menanyakan tentang cara proses tahapan dan jenis bahan untuk pembuatan kerajinan dari bahan keras dengan alat teknologi  tekstil sederhana dan aplikasi menjahit dengan tangan
·   Mengajukan pertanyaan tujuan dan manfaat latihan gerakan berangkai 6 pos
·   Mengajukan pertanyaan teknik teknik salah satu gaya renang dalam  kecepatan tertentu.

Mengeksplorasi
·   Mendiskusikan hasil pengamatan dalam kelompok  belajar .
·   Membuat karya/ model yang menggunakan energi listrik seperti bel listrik/alaram/ model lampu lalu lintas/kapal terbang, mobil-mobilan /model penerangan rumah
·   Menggunakan juring, busur untuk menentukan luas dan keliling lingkaran dan sebaliknya dalam sebuah lingkaran
·   Menggambarkan sumbu simetri lipat.
·   Menentukan banyaknya simetri lipat.
·   Membuat dan menggambarkan bangun bangun yang mempunyai simetri lipat sesuai dengan harapan
·   Menggambarkan hasil simetri putar.
·   Menentukan banyaknya simetri putar dan sudut putar.
·   Menggambar gabungan 2 atau lebih bangun datar
·   Melengkapi ukuran ukuran  yang belum diketahui,
·   Menentukan luas bangun datar gabungan
·   Menggambarkan grafik koordinat kartesius dan membagi menjadi 4 kuadran. Dengan ciri-ciri masing-masing kuadran.
·   Menempatkan titik-titik dalam koordinat kartesius kuadran 1.
·   Menempatkan titik pada kuadran 1 dan menghubungkan titik-titiknya
·   Menarik kesimpulan dari hasil ploting      (menghubungkan titik) dalam bentuk bangun2 datar yang kita kenal.
·   Menentukan titik koordinat tiap titik
·   Menggunakan metode ploting titik-titik untuk melengkapi titik pada bangun datar yang belum diketahui, menentukan bentuk bangun datarnya, menentukan luas dan keliling dalam satuan
·   Eksperimen/explore dalam pembuatan sesuai tahapan yang diberikan
·   Mencari infrormasi dari berbagai media tentang seni budaya Indonesia
·   Mencari informasi dari berbagai sumber tentang  kebugaran jasmani dan jenis tes kebugaran
·   Secara bergantian dalam waktu yang bersamaan mempraktikkan gerakan berangkai dalam waktu dan tempo yang telah ditentukan.
·   Mempraktikan salah satu gaya renang dengan koordinasi gerakan yang baik
·   Melakukan diskusi kelas berdasarkan informasi yang diperolehnya
·   Mengumpulkan data tentang contoh hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
·   Megumpulkan data tentang realita keberagaman untuk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan
·   Membuat laporan penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya

Mengasosiasi
·   Menyimpulkan hasil diskusi kelas
·   Menentukan unsur- unsur lingkaran.
·   Merangkum teks ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
·   Menjawab pertanyaan dari teks ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya, serta tata surya
·   Mengasosiasi/mengana-lisis jenis bahan dan alat pembuatan kerajinan tekstil serta berbagai hasil kerajinan tekstil
·   Mengasosiasi/mengana-lisis jenis dan ragam budaya dan perkembannya masa kini
·   Mengasosiasi/mengana-lisis jenis bahan dan alat pembuatan kerajinan ukiran/ pahatan serta berbagai hasil kerajinan teknologi sederhana
·   Membuat kesimpulan hasil diskusi kelas tentang pengukuran kebugaran jasmani dan jenis tes kebugaran

Mengomunikasikan
·   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok belajar pada kegiatan diskusi kelas.
·   Mempresentasikan kesimpulan materi hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
·   Mempresentasikan laporan tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahannya serta tata surya
·   Menyampaikan hasil konseptualiasasi/ laporan kajian seni budaya Indonesia dalam bentuk lisan/tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia
·   Mengasosiasi/mengana-lisis jenis bahan dan alat pembuatan Prakarya/kerajinan karya kreatif dengan teknik aplikasi dan menjahit dengan tangan
·   Mengomunikasikan/menyampaikan hasil konseptualiasasi/ rancangan pembuatan karya kreatif dengan teknik aplikasi dan menjahit dengan tangan dengan berbagai motif hias dari sket, tahapan pembuatan sampai penyelesaian pembuatan Prakarya/kerajinan karya kreatif dengan teknik aplikasi dengan menjahit dengan tangan dalam bentuk lisan/tulisan
Portofolio
·  Laporan
·  laporan kajian tentang seni budaya Indonesia
·  Mind map
·  Menggambar skema landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media

Unjuk kerja
·  Membuat karya kreatif dari bahan keras dengan alat teknologi sederhana

Tes tulis
·  Menghitung luas permukaan prisma dan silinder
·  Menyebutkan kegunaan energi
·  Menghitung luas permukaan prisma dan silinder

Tes Lisan
·  Menjelaskan berbagai cara penghematan listrik
·  Menjelaskan perbedaan dan persamaan antara larutan dan campuran dalam kehidupan sehari-hari
·  Menjelaskan kebhinekaan bangsa Indonesia
·  Menjelaskan pentingnya kebersamaan
3 M X 32 JP

·    Buku Teks Pelajaran
·    Lingkung-an sekolah/ sekitar
·    Nara sumber
·    Buku pendukung lain
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

3.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik, konversi energi listrik, transmisi energi listrik, dan berpartisipasi dalam penghematannya delam kehidupan sehari-hari.
· Manfaat energi listrik
4.1
Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
· Percobaan larutan dan campuran
PPKn
1.1
Menghargai semangat kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyara-kat, berbangsa dan bernegara
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyara-kat, berbangsa dan bernegara

2.1
Menunjukkan perilaku bertanggungjawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan  sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.4
Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia

3.1
Memahami hak, kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
·   Hak dan kewajiban warga negara
4.2
Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
·   Pelaksana-an kewajiban
IPS
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.2
Menerima adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3
Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembang-kan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.5
Menelaah landasan dinamika interaksi manusia dengan lingkungaan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·   Interaksi manusia dengan lingkungan
4.5
Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media(lisan, tulisan, gambar, dan lainnya)
·   Hasil telaah Interaksi manusia dengan lingkung-an
Matematika
1.1
Menerima,  menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur dan mengikuti aturan , peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
2.4
Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.5
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
2.6
Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

3.1
Mengenal unsur-unsur lingkaran
· Unsur-unsur lingkaran
3.7
Menghitung luas permukaan prisma dan silinder
· Luas permukaan prisma
4.9
Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana
· Juring bangun ruang
4.11
Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai
· Tabel dan grafik
Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2
Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya

2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3
Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4
Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

3.2
Menguraikan isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
· Perubahan benda
4.2
Menyajikan teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah tentang penyebab perubahan dan sifat benda, hantaran panas, energy listrik dan perubahan-nya, serta tata surya
· Percobaan perubahan benda
Seni budaya dan prakarya
1.1
Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air

2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
2.4
Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar

3.5
Memahami nilai-nilai yang melekat dalam unsur-unsur budaya daerah dalam bahasa daerah
· Nilai nilai budaya daerah
4.14
Membuat karya kerajinan teknik jahit dan aplikasi dengan tangan
· Teknik menjahit dengan tangan
Penjas
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuan-nya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta

2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran

2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.4
Menunjukkan kemauan bekerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.

3.7
Memahami konsep penyusunan rangkaian langkah dan ayunan lengan secara sederhana bertema budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
3.8    Memahami konsep keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dasar penyelamatan terhadap orang lain.
· Gerak ritmik
· Gaya renang
4.8
Mempraktik-kan keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dasar penyelamatan terhadap orang lain.
· Praktik renang


Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Pisangcandi 3



Drs. DJUMARI, M.Pd
NIP. 19631006 198703 1 013

Malang,…………………………………..
Wali Kelas 6



DHIMAS ARIS STYAWAN SOESANTO, S.Pd
NIP. 19841001 201407 1 001

 

 



TEMA 6

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Tema
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

IPA
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan-nya, serta mewujudkan-nya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

Kesehatan Masyarakat
Mengamati
·  Melakukan pengamatan tentang suhu, sifat hantaran, dan perubahan benda akibat pengaruh suhu
·  Mengamati contoh gambar pelaksanaan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintah, wilayah, sosial, dan budaya
·  Membaca buku tentang dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam. sosial, budaya, dan ekonomi
·  Mengamati dan memjelaskan unsur- unsur bangun ruang: titik sudut, rusuk, sisi, diagonal sisi, diagonal ruang, dan bidang diagonal pada kubus dan balok.
·  Mengamati gambar tentang suasana pameran,sket desain ruang pameran dan jenis karya yang di pamerkan baik berupa karya 2 dan 3 dimensi dengan alat media berupa model sederhana dalam ukuran mini/kecil dari berbagai media
·  Mengamati ciri khusus beberapa hewan/tumbuhan
·  Mengamati film tentang tarian atau mengamati kegiatan lingkungan sekitarnya sabagai pembuka ide/gagasan
·  Membuat tarian
·  Mengenal banyak jenis rias yang biasa digunakan dalam tarian daerah
·  Mengenal bermacam-macam alat musik perkusi dan melodis yang biasa dimainkan dalam ansambel
·  Mengamati jenis-jenis penyakit menular dan tidak menular
·  Mengamati ciri khusus beberapa tumbuhan

Menanya
·  Mengajukan pertanyaan tentang nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari terutama yang berhubungan dengan kesehatan
·  Mengajukan pertanyaan tentang landasan dinamika interaksi manusia dengan lingkungaan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·  Mengajukan beberapa pertanyaan tentang hewan/tumbuhan yang diamatinya
·  Menanyakan tentang cara proses tahapan persiapan, tugas panitia dan jenis pameran
·  Mengajukan pertanyaan manfaat dan bahayanya tentang narkotika, psikotropika, dan zat aditif.

Mengeksplorasi
·  Membuat laporan hasil pengamaatan tentang suhu, sifat hantaran, dan perubahan benda akibat pengaruh suhu
·  Mendeskripsikan aplikasi hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan perubahan benda akibat pengaruh suhu dalam kehidupan sehari-hari.
·  Mendiskusikan hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan perubahan benda akibat pengaruh suhu.
·  Membuat kesimpulan hasil diskusi.
·  Melaksanakan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintah, wilayah, sosial, dan budaya
·  Menentukan landasan landasan dinamika interaksi manusia dengan lingkungaan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·  Menentukan unsur- unsur  bangun ruang pada kubus dan balok.
·  Menggambarkan dan menjelaskan berbagai diagonal pada bangun ruang.
·  Mempraktekan pembuatan berbagai diagonal ruang dan menggambarkannya.
·  Mempraktekan pembuatan berbagai diagonal ruang dan menggambarkannya.
·  Menggambar bangun datar yang terbentuk
·  Mencoba dengan bangun ruang yang lain.
·  Membongkar jaring-jaring bangun ruang prisma segitiga berbagai model.
·  Memilah bagian-bagian dari hasil pembongkaran dan bersama-sama untuk menarik kesimpulan dan menentukan rumus luas permukaan prisma dan luas selimut prisma segitiga 4 bidang. Dengan metode diskusi.
·  Membongkar jaring-jaring bangun ruang prisma  segi empat berbagai model.
·  Memilah bagian-bagian dari hasil pembongkaran dan bersama-sama untuk menarik kesimpulan dan menentukan rumus luas permukaan prisma dan luas selimut prisma segiempat berbagai bentuk alas dengan metode diskusi.
·  Melatih kemampuan diri untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan prisma dala m kehidupan.
·  Membongkar jaring-jaring bangun ruang tabung atau silinder, beberapa buah saja.
·  Memilah bagian2-bagian dari hasil pembongkaran dan bersama-sama untuk menarik kesimpulan dan menentukan rumus luas permukaan silinder dan luas selimut dengan metode diskusi.
·  Melatih kemampuan diri untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan silinder dalam kehidupan.
·  Menggambar gabungan 2 atau lebih bangun ruang .
·  Melengkapi ukuran ukuran yang belum diketahui,
·  Menentukan luas bangun ruang gabungan
·  Membelah berbagai lingkaran dengan berbagai ukuran dengan mengikuti pola potong pizza, menjadi ½, ¼, 1/8 dsb.
·  Mengeksplorasi gerakan tari dasar dan  gerakan tarian, pola irama dan pola lantai , gerakan murni dan gerak maknawi dalam satu rangkaian dalam suatu tarian
·  Eksperimen/explore dalam kegiatan pameran dari pembentukan panitia pameran, persiapan  sesuai jadual pameran
·  Mengamati aksi pemberian bantuan keselamatan secara bertanggungjawab serta tindakan (simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan nafas buatan).
·  Mencari informasi dari berbagai sumber tentang jenis narkotika, psikotropika, dan zat aditif.
·  Mencari informasi dari berbagai sumber tentang jenis penyakit menular dan tidak menular
·  Memilih bahan umbi-umbian untuk produk pengolahan dengan berbagai olahan sederhana
·  Membuat produk olahan bahan makanan umbi-umbian dengan berbagai olahan sederhana
·  Mengumpulkan data perubahan dinamika interaksi manusia dengan lingkungaan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·  Menyiapkan/membagi tugas membawa alat musik perkusi dan melodis yang berbeda
·  Melatih bermain alat musik perkusi dan melodis
·  Mempelajari dan berlatih membaca not sesuai partitur yang akan dimainkan.
·  Menyiapkan sebuah pementasan sederhana
·  Mengapresiasi sebuah penampilan dengan menjadi penonton yang baik
·  Mempraktikkan dan menemukan gagasan dalam rangkaiann gerak murni dan maknawi sesuai dengan pola lantai dan irama musik pengiring sesuai imajinasi
·  Mendiskusikan cara memelihara diri dari penyakit menular dan tidak menular
·  Mempraktikkan kegiatan memelihara diri dari penyakit menular dan tidak menular
·  Mendiskusikan dengan bimbingan guru tentang cara menghindarkan diri dari bahaya narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh.
·  Membuat foster tentang bahaya narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh.
·  Mendeskripsikan tahap-tahap pemberian bantuan keselamatan secara bertanggung jawab.
·  Mempraktikkan aksi pemberian bantuan keselamatan secara bertanggungjawab serta melakukan tindakan (simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan napas buatan)

Mengasosiasi
·  Menentukan hal-hal yang termasuk nilai-nilai persatuan dan kesatuan
·  Bersama mencari hubungan luas lingkaran dengan juring dan keliling lingkaran dengan busur.
·  Menentukan/memilih tema tarian
·  Menentukan/memilih jenis iringan yang akan digunakan
·  Menyimpulkan dan melaporkan  hasil diskusi tentang cara memelihara diri dari penyakit menular dan tidak menular
·  Menentukan lagu yang akan dimainkan
·  Memilih alat musik yang akan digunakan.
·  Mengevaluasi praktik aksi pemberian bantuan keselamatan secara bertanggungjawab melalui diskusi kelas.
·  Menggunakan juring , busur untuk menentukan luas dan keliling lingkaran dan sebalinknya dalam sebuah lingkaran
·  Mengsosiasi/meng-analisis jenis karya yang dipamerkan dan jenis kegiatan pameran, dari pembentukkan panitia, persiapan pameran, dan jadual pameran
·  Membuat daftar nama penyakit menular dan tidak menular

Mengomunikasikan
·  Menyampaikan hasil konseptualisasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial
·  Mempresentasikan landasan dinamika interaksi manusia dengan lingkungaan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·  Menjelaskan luas dari juring-juring tersebut, juga panjang busurnya.
·  Membuat laporan tentang hewan yang diamatinya
·  Mempresentasikan laporan yang telah dibuatnya
·  Membuat laporan tentang ciri khusus tumbuhan
·  Mempresentasikan laporan tentang ciri khusus tumbuhan
·  Mengomunikasikan/me-nyampaikan hasil konseptualiasasi/ran-cangan pembuatan sket desain pameran, pembentukkan dan tugas panitia pameran, jenis karya yang dipamerkan, jenis pameran, tahapan persiapan sampai penyelesaian kegiatan pameran dalam bentuk lisan/tulisan
·  Membuat kesimpulan hasil diskusi kelas tentang cara menghindarkan diri dari bahaya narkokita, psikotropika, dan zat aditif.
Portofolio
·  Hasill percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akibat pengaruh suhu.
·  Lembar kerja
·  Menemukan hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan perubahan benda
·  Tabel
·  Hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu
·  Produk hasil olahan dari bahan umbi-umbian

Unjuk kerja
·  Mempraktikkan kombinasi
·  pola aktivitas gerak dasar berirama
·  Proses pembuatan bahan makanan dari umbi-umbian

Tes tulis
·  Menghitung luas permukaan prisma dan silinder

Tes Lisan
·  Menjelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintah, wilayah, sosial, dan budaya
5 M x 32 JP
·  Buku Paket
·  Lingkung-an seko-lah/sekitar
·  Nara sumber
·  Buku pendu-kung lain
2.1
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
2.2
Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan penelaahan fenomena alam secara mandiri maupun berkelompok

3.5
Memahami hubungan antara suhu, sifat hantaran, perubahan benda akibat pengaruh suhu melalui pengamatan, serta mendeskripsi-kan aplikasinya dalanm kehidupan sehari-hari

4.2
Melaksanakan percobaan tentang hantaran dan perubahan benda akiba pengaruh suhu, serta mengindentifi-kasi variable bebas dan variable terikat dalam percobaan tersebut.

2. PPKN
1.1
Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyara-kat, berbangsa dan bernegara
1.2
Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyara-kat, berbangsa dan bernegara

2.1
Menunjukkan perilaku bertanggung jawab dan rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
2.2
Menunjukkan perilaku patuh terhadap tata tertib, dan aturan sesuai dengan tata urutan peraturan perundang-undangan Indonesia
2.3
Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan dan komitmen menjalankan hasil musyawarah mufakat
2.10
Menunjukkan perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia

3.4
Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa dalam kesatuan pemerintah, wilayah, social, dan budaya.
·  Nilai-nilai persatuan
4.4
Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintah, wilayah, social, dan budaya
·      Penerapan nilai persatuan
IPS
1.1
Menerima karunia Tuhan YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik
1.2
Menerima adanya kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik  dalam masyarakat yang mengatur kehidupan manusia dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia
1.3
Menghargai karunia dan rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya

2.1
Menunjukkan perilaku cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa nasionalisme
2.2
Memiliki kepedulian dan penghargaan terhadap lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
2.3
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, percaya diri dalam mengembang-kan pola hidup sehat, kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peninggalan berharga di masyarakat

3.1Menelaah landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
·  Landasan dinamika interaksi manusia
4.5
Menyajikan hasil telaah mengenai landasan dari dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi dalam berbagai bentuk media(lisan, tulisan, gambar, dan lainnya)
·  Hasil telaah interaksi manusia
Matematika
1.1
Menerima,  menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya

2.1
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugas.
2.2
Menunjukkan sikap berpikir logis, kritis dan kreatif
2.3
Memiliki rasa ingin tahu, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
2.4
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
2.5
Memiliki sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam diskusi kelompok maupun aktivitas sehari-hari

3.7
Mengenal diagonal ruangan dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
·  Diagonal ruang
·  Diagonal sisi
3.9
Memahami cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik sederhana
·  Cara menghitung mean, median dan modus
3.10
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
·  Memban-dingkan dengan statistik
4.2
Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubung-kan 2 buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut
·  Membuat bangun datar dalam balok atau kubus
4.7
Menghitung luas permukaan prisma dan silinder
·  Luas permukaan prisma
4.5
Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
·  Jumlah sudut segitiga dan segiempat
4.3
Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
·  Menggambar bangun datar gabungan
4.4
Membentuk/ menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
·  Menggambar bangun ruang
·  Volume bangun ruang
Bahasa Indonesia
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai sarana yang lebih unggul daripada bahasa lain untuk memperoleh ilmu pengetahuan
1.2
Meresapi makna anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan ciri khusus makhluk hidup, hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya

2.1
Memiliki kepedulian dan tanggung jawab tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.2
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu tentang perubahan benda dan hantaran panas, energi listrik dan perubahan-nya, serta tata surya melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.3
Memiliki sikap disiplin dan rasa cinta tanah air terhadap sistem pemerintahan serta layanan masyarakat daerah melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
2.4
Memiliki kesetiaan, dan kebanggaan terhadap keutuhan wilayah nusantara Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

3.1
Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran
·  Ciri khusus mahluk hidup
3.4
Menggali informasi dari teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·  Sejarah keutuhan wilayah nusantara
4.4
Mengolah dan menyajikan teks cerita fiksi sejarah tentang keutuhan wilayah nusantara Indonesia dan hubungannya dengan negara tetangga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
·  Sajian teks sejarah wilayah nusantara
Seni budaya dan prakarya
1.1
Mengapresiasi karya seni sebagai anugerah Tuhan dan memiliki rasa bangga terhadap tanah air

2.1
Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni
2.2
Menghargai alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni
2.3
Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni
2.4
Menunjukkan kemampuan bekerjasama dan berinteraksi dengan menggunakan bahasa daerah di lingkungan sekitar

3.3
Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional
· Kombinasi gerak dasar atletik
4.9
Menemukan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi
4.10
Merangkaikan gerak tari bertema berdasarkan gagasan dan imajinasi dengan menggunakan iringan musik
· Gerakan tari bertema imajinasi
· Rangkaian gerakan tari
3.4
Menyajikan berbagai karya kreatif dalam kegiatan pameran dan pertunjukkan
4.13
Membuat produk olahan bahan makanan umbi-umbian dengan berbagai olahan sederhana
· Produk olahan bahan makanan umbi-umbian
Penjas
1.1
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai
1.2
Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada sang Pencipta

2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan kesempatan.
2.6
Disiplin selama melakukan berbagai aktivitas fisik.
2.7
Menerima kekalahan dan kemenangan dalam permainan

3.1
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan control tive dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
3.2
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, non-lokomotor, dan kontrol manipulative dengan kontrol yang baik dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil
3.3
Memahami konsep variasi dan kombinasi gerak dasar atletik jalan, lari, lompat, dan lempar dengan kontrol yang baik melalui permainan dan atau olahraga tradisional.
3.4
Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan non lokomotor untuk membentuk gerakan dasar (langkah, serangan, dan belaan (dengan tangan dan kaki) olahraga beladiri
· Konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar
· Konsep gerak olah raga tradisional
· Konsep gerak dasar atletik
· Konsep gerak dasar beladiri
3.9
Memahami konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular
· Pemeliha-raan diri dari penyakit menular
3.10
Memahami jenis dan cara menghindarkan diri dari bahaya narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh
3.11
Memahami dan cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran
· Cara menghindari bahaya NAPZA
· Cara mengukur kbugaran jasmani
4.4
Mempraktik-kan penyusunan rangkaian langkah dan ayunan lengan secara sederhana bertema budaya daerah dan nasional mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak ritmik.
4.5
Mempraktik-kan keterampilan satu gaya renang dengan koordinasi yang baik dan dasar penyelamatan terhadap orang lain.
· Praktik gerak ritmis dengan music
· Praktik renang
4.9
Menyajikan konsep pemeliharaan diri dari penyakit menular dan tidak menular.
4.10
Menyajikan jenis dan cara menghindar-kan diri dari bahaya narkotika, psikotropika, dan zat aditif terhadap tubuh
4.11
Menyajikan cara mengukur kebugaran jasmani dengan salah satu jenis tes kebugaran
· Konsep pemeliharaan diri dari penyakit

Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Pisangcandi 3


Drs. DJUMARI, M.Pd
NIP. 19631006 198703 1 013
Malang,…………………………………..
Wali Kelas 6


DHIMAS ARIS STYAWAN SOESANTO, S.Pd
NIP. 19841001 201407 1 001


No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN MATERI KELAS 6 TEMA 4